Wednesday, July 19, 2006

Summer dan kepanasan di Belanda.

Gak ngira juga ternyata cuaca panas ngikutin kita dari Abu Dhabi hingga ke londo.
Pada waktu akan ngepak koper emailan ama teman tanya enaknya bawa baju yang gimana, katanya sih bawa aja 2 macam baju, yang tipis aja dengan jaket, jadi kalau dingin masih bisa pake baju 2 rangkap dengan jaket.
Ngecek juga sih ramalan cuaca di yahoo, memang katanya bakal panas tapi ya masih lumayan buat kami sih 27 sampai 30... pikir hati okelah gak sepanas di AD, masih tahanlah....
Inget2 sih karena dilondo ini humiditynya rendah banget alias kering banget udaranya panas segitu tuh bikin gak enak, leher kering terus. Cuman karena lihat cuman 3 hari aja bakal panas, ya okelah.

Kenyataannya sodara2.... sekarang sampai 32 derajat.
Pada hari pertama kami datang masih agak lumayan, kami masih pake jaket, malam hari malah kami pake sweater tipis, enak deh..... enjoy banget kan di AD panas banget jadi pengen juga menikmati AC alam.
Kemudian mulai deh penyiksaan, pelan tapi pasti tiap hari makin hari makin panas, sampai akhirnya sekarang 32 derajat.... katanya sih hari ini aja yang terpanas, besok mulai dingin lagi.
Kelihatannya sih iya, soale udah mulai kelihatan awan2 sekarang ...horeee.....
Kalau kita masih diudara bebas kayak diluar rumah rada lumayan asal dibawah teduhan gak dipanas matahari karena biar mataharinya terik anginnya masih dingin.

Tadi kan jalan2 ceritanya mau nyari toko Indonesia, tapi sayangnya gak ketemu, lalu jalan2 aja ke Delft mau nyari paha ayam yang di grill, sekalian juga beli yang namanya borrel hapjes ( sayap atasnya ayam yang di grill).
Itu ayam grill enak banget kalau buat kami, dimakan ama nasi anget dan sup sayur enak deh...., apalagi ama sambel bajak.....

Dari Delft kita naik tram, enak masih kosong soale gak jauh dari terminal akhir itu sih tram, jadi sambil nenteng belanjaan macam2 enak dapat duduk ditram.
Nah makin ke arah Den Haag, walah ini yang disaster, soale tram yang kita naiki, tram 1 jurusannya ke Scheveningen, dan biasanya orang2 londo kalau panas bawaannya jemuran atau anginan dipantai, jadi ditengah jalan itu tram makin lama makin penuh orang2 yang akan ke beach.
Bayangkan udara udah panas, tram kagak pake AC, penumpangnya berjejal, kayak tuna dalam kaleng aja rasanya.....

Begitu turun dari tram, kita harusnya ganti bis yang lewat apartemennya Opa, tapi begitu lihat bisnya juga penuh karena ujung rute bis 22 ini juga ke pantai yang lain , walah gak deh, mending jalan kaki aja diteduhan pohon2 Den Haag yang rimbun lebih seger... untung juga cuman 3 halte aja, jadi cincaylah jalan kaki.
Sampe rumah yang ada pusing kepala... dan minum air keran 3 gelas...
( Di Londo gak biasa ada aqua gallon kayak di AD atau di Indonesia, air kerannya bagus untuk diminum langsung, dan kalau dikucurin dulu agak lama, air kerannya adem banget enak, kayak minum air es yang gak terlalu dingin, kalau winter baru tuh airnya beneran air es... tapi emang air kerannya seger.)
Mula2 Bamby juga jijik minum, kok dari keran tapi semua londo do the same thing, why not, setelah dicoba kata Bamby not bad kok... ya udah kita minum air keran yang seger.....)

Penyiksaan belum berakhir, begitu masuk rumah walah terasa banget sesak napas sekali, karena sinar matahari yang masuk dan rumah2 londo kan kacanya besar2 mirip kaca aquarium gitu jadi panasnya matahari bener2 diresapi banget ama ruangan yang berkaca tsb.....
Juga rumah2 di Londo memang gak lazim dilengkapi dengan AC, karena memang panas yang sepanas saat ini bisa dihitung dengan hari saja.
Untungnya sih lihat di ramalan cuaca katanya besokpun udah mulai mendung dan hingga saya pulang cuaca mulai bersahabat (buat saya), siang hari cuman 20 derajat dan malam 15 derajat aja...walah cepetan kek dingin lagi....

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home